I made this widget at MyFlashFetish.com.

Khilafah

Gempita Konferensi Rajab 1432 H

Selasa, 05 Januari 2010

VOX POPULI, VOX DEI

Kalo temen-temen berharap artikel ini adalah sebuah artikel belajar bahasa Perancis keluarannya KBA STAN untuk pemula, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya! Teman-teman harus kecewa berat! Emang, agak sulit nyari istilah ini! Penginnya sih dikit gaya, pake judul dengan bahasanya Mas Zidin yang pemain bola terkenal itu. Eh, ngga taunya malah mumet sendiri di depan kamus. Tak mengapa-lah, sebulan empat kata ntar lama-lama khan jadi....lupa!$#! Tapi eit, tunggu dulu! Sebenarnya makhluk apaan sih Si vox populi vox dei ini?

Vox populi, vox dei hanyalah sebuah jargon dari konsep bikinannya orang-orang Yunani kuno (abad 6 sampe abad 3 SM). Entah dapet ilham dari Zeus atau dewa yang lain, ditengah kekunoannya itu muncul dua kata sakral yang disinari cahaya harapan (cia’ilee..). Demos dulu ama Mak Lampir diartiin rakyat, dan Krotos-nya diartiin kekuasaan. Konon dari kata demos itulah, Mak Lampir namain anaknya yang sekarang sering kita liat di acara macem Dunia Lain atawa Percaya Ngga Percaya. Siapa hayoo...?

Seperti amoeba, sistem demokrasi membelah diri menjadi-jadi di tengah sistem yang saat itu dikuasai abis oleh raja-raja dan agamawan Eropa. Namanya juga buatan manusia, ngga sempurna! Ditengah jalan (yah, sekitar tahun 1632-an), muncul tukang yang nyoba mugar sistem ini, biar cocok ama nilai estetik kemanusiaan, katanya! Tersebutlah nama Mbah John Locke dengan Trias Politica-nya yang ditulis di buku Two Treatises on Civil Government. Asal tau aja, ini tulisan kritik buat raja-raja Inggris dan pembenaran Revolusi Gemilang tahun 1688 (The Glorius Revolution of 1688). Acara pugar-memugar dilanjutin ama Pak De Montesquieu (tahun 1748) dengan bukunya L’Esprit des Lois (The Spirit of Laws) yang diilhami sikap arogan Raja Bourbon (diabadikan dalam nama biskuit) di Perancis. Kata sesepuh kita ini, kekuasaan harus dipisah-pisahin untuk ngejaga kebebasan politik n’ kekuasaan kagak boleh terpusat.

Biar umurnya dah bikin lumut-ện, tapi demokrasi baru dapet momentum di jaman Aufklarung Eropa tahun 1650 ampe 1800. Lewat perang pemikiran dan fisik yang panjang, orang Eropa masuk ke masa Pencerahan. Sebuah masa dimana diakhirinya Hak Suci Raja (Divine Right of Kings) dan pemisahan Gereja dari Negara (sekularisme). Emang saat gereja pisah dari negara, orang jadi lebih maju. Tapi kebalikannya, saat mesjid pisah dari negara, orang sedunia ngga yang Islam, ngga yang Noni’, bakalan mundur.., dur..dur!

Secara riil, demokrasi sendiri baru berkembang abad 19, ngga nyampe seabad-lah (coba bandingin dengan Sistem Islam yang udah diterapin ± 12 abad)! Diterapin bentar aja, rusaknya manusia dah ngga’ ketulungan. Bayangin kalo’ diterapin ampe lama, mungkin dunia kiamat gara-gara sistem ini. Liat aja, kapitalisme dengan laissez faire-nya yang katanya kuat untuk naikin libido ekonomi rakyat malah mbuat ekonomi rusak. Teori “Tangan Gaib” Adam Smith yang katanya mbikin pasar jadi seimbang buktinya ngga bisa ngehapus monopoli dan oligopoli perusahaan gede. Sementara, rakyat yang asumsinya bisa menuhin kebutuhan di persaingan bebas, ngga pernah ada buktinya. Cuman yang punya daya saing tinggi yang bisa hidup layak, yang lain...lewat dah! Banyak saudara-saudara kita yang dibiarin mbusuk di bawah kolong jembatan. Sisanya dibiarin mampus di pinggir jalan untuk kemudian diangkut dan dijual ama mafia mayat di Fakultas Kedokteran UI, Unair, dan kampus kedokteran lainnya untuk diedel-edel n’ jeroannya jadi makanan lele yang biasanya dibikinin kolam di deket Lab. Tambah lagi tingkah seks nggilani yang diumbar masyarakat demokratis di negara manapun. Sekedar contoh kalo mo tau, tongkrongin aja kampus ini saban malam minggu terutama di gedung L dan F, hmm... dijamin deh! (Ngga’ ngajarin lo..,ya!)

Demokrasi Dalam Islam

Secara goblok-goblokan, demokrasi diartiin sebagai proses pemilihan yang melibatkan banyak orang untuk mengangkat seorang peminpin. Hal ini ngga sesuai dengan arti awal yang dibuat Mak Lampir berdasar KBBI. Untung sekarang mak Lampir ngga tau kalo buah pikirannya menafsirkan kitab demokrasi disalah tafsirkan. Mak Lampir sibuk shooting sinetron melulu, sih! Katanya temen-temen, pemilu, minta pendapat rakyat, kebebasan pers, ngeluarin pendapat, n’ otoritas pengadilan itu bagian demokrasi yang dasarnya dah ada di Islam. Sungguh mati, ntar kalo Mak Lampir tau n’ marah besar karena pengertiannya disangkut-pautin ama Islam, saya ngga’ tanggung jawab (Emangnya Mak Lapir agamanya apa?). Padahal emang literatur yang mbahas teori politik dan demokrasi karangannya para pakar dunia Buto Ijo ngga pernah ngasih pengertian kayak diatas!

Ini karena Mak lampir dan kroni-kroninya dah kapok ngerasain “Cemeti Ambar Rasuli”, sehingga ngga akan pernah nyambung-nyambungin arti demokrasi ama Islam. Pak Kyai ... (tokoh film Mak Lampir) juga pernah ngutip sabda Rasul bahwa ngga pernah akan bersatu antara yang hak dan yang bathil (Nah, lo!). Pak Kyai ama Tuan Sufi sepakat bahwa teori demokrasi adalah pemerintahan yang meletakkan kedaulatan di tangan rakyat. Saat Pak Kyai ikut kuliah tata negara, beliau ngerti bahwa pimpinan di sistem Demokrasi terikat kontrak sosial untuk ngelaksanain aspirasi rakyat. Pecat, koreksi and kritik semua berdasar asirasi rakyat. Bahkan waktu tuan Sufi liat-liat model baju di Paris, beliau tanya ama tokoh disana tentang demokrasi. Apa jawab tokoh itu? “Vox Populi, Vox Dei “ katanya! Apa artinya yah..? Tuan Sufi pusing tujuh keliling karena yang beliau tau cuman bahasa Arab, Indonesia, ama dikit bahasa isyarat, itupun cuman yang biasa dipake pawang topeng monyet. Terpaksa deh,...buka kamus istilah Perancis! Nih dia...artinya.... “Masyaallah, Vox Populi, Vox Dei artinya suara rakyat adalah suara tuhan “ Tuan Sufi kaget bukan kepalang. Sungguh suatu nilai yang bertentangan dengan keyakinan Tuan Sufi yang muslim ‘banget’.

Meluntir 180 derajat ama demokrasi, pemerintahan Islam nempatin kedaulatan hanya di tangan syariat Islam aja, ngga yang lain! Pimpinannya diangkat ama rakyat lewat proses yang namanya baiat. Tugas pimpinan ya ngatur n’ ngurusin rakyat berdasar syariat Islam. Aktifitas ngoreksi penguasa di pemerintahan Islam beda dengan aktifitas ngoreksi penguasa di sistem demokrasi. Kalo sistem Islam, ngoreksinya berdasar standart hukum Islam (Amar ma’ruf nahyi Munkar). Tapi, kalo sistem demokrasi ngoreksinya pake standart rakyat yang pengennya beda-beda, belum lagi oposisi yang sering inginya bukan ngingetin tapi lebih ingin njatuhin pemerintah yang sah untuk selanjutnya digantiin dengan kroni-kroninya. Yah, jadi rezim baru dong!

Dengan make’ suara mayoritas, putusan bisa diambil! Mboh...yang ngasih suara itu ngerti apa kagak, pokoknya kalo dah suara terbanyak yang menang ya udah..., acaranya bisa jalan! Kalo’ Islam lain dong! Keputusan diambil pake jalan ijtihad ama para mujtahid and pakar dibidangnya, trus diambil pendapat paling kuat, yang paling deket ama kebenaran. Contohnya waktu Perang Badar, Rasullullah Saw cuman ngambil pendapatnya Khubab ibn Mundir ra dan ngga minta pendapat semua legiun Perang Badar. Lain lagi kalo’ urusan teknis kayak milih kepala negara, ketua organisasi, baru pake musyawarah. Yang perlu diinget ama cucunya Adam, demokrasi ama musyawarah ngga punya hubungan. Bukannya karna dah putus hubungan, tapi emang bener-bener ngga punya hubungan ama sekali. Demokrasi itu suatu pandangan hidup yang punya sistem kehidupan tertentu. Trus musyawarah merupakan metode mengambil keputusan.

Nyatanya, demokrasi hakiki cuman gagasan utopis alias muskil bin mustahil. Rakyat bukan pengontrol apalagi pengendali lajunya pemerintahan termasuk milih pimpinannya sendiri. Semua ini cuman jadi kerjaannya elit partai politik yang duduk di lembaga perwakilan rakyat. Lagian, banyak juga putusan pemerintahan yang diambil tanpa ngelibatin parlemen atao lembaga perwakilan rakyat. Sebut aja PM Inggris, Sir Anthony Eden yang menganeksasi terusan Suez tanpa ngasih tau parlemen, dan kisah presiden Amerika lainnya yang notabene ngaku negara paling demokratis!

Demokrasi yang kumpul kebo dengan paham sekulerisme, HAM, feminisme, dan liberalisme melahirkan dari rahimnya macem-macem kesengsaraan buat ummat manusia. Yang bisa dilihat sekarang, demokrasi juga yang punya gawe untuk nyingkirin Islam dari kehidupan. Atas nama demokrasi, mayoritas masyarakat justru ngga pingin hidup dalam syariat Islam. Walhasil, dengan demokrasi kalaupun rakyat pengen Tuhan tersingkir, maka Tuhanpun akan tersingkir karena vox populi, vox dei (suara rakyat adalah suara Tuhan). Maka sebagai muslim yang berserah diri pada Allah SWT, kamu dah tahu kan hukumnya aturan macem demokrasi...??!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar